Sunday, August 19, 2018

Tips Berjualan di E-Commerce Bukalapak

Hasil gambar untuk jualan online

Berjualan online sama halnya dengan berjualan secara konvensional seperti mendirikan toko atau kios , berjualan keliling sampai mengikuti pasar kaget . Semua itu dilakukan agar terjadi aksi penjualan yang diinginkan oleh semua penjual agar mendapatkan keuntungan . Berjualan online bukanlah sebuah pekerjaan atau perkara yang mudah , melainkan membutuhkan kesabaran yang tinggi dan ulet agar bisa berhasil , mengingat persaingan baik di ranah online atau nyata cukuplah sengit sehingga orang yang bertahan itulah orang yang akan sukses . Berjualan online memang tidak membutuhkan modal sehingga bisnis ini menjadi idola semua orang .

baca juga tips jualan di tokopedia


Berjualan di bukalapak dan tokopedia itu unik karena kita sebagai penjual tidak akan dipungut biaya apapun atas transaksi yang terjadi , memang cara seperti ini mirip dengan situs listing namun bukalapak bertanggung jawab atas transaksi yang terjadi antara penjual dan pembeli sebagai penengah . Maraknya aksi penipuan belanja online membuat sistem escrow atau rekening bersama merupakan cara tepat untuk menghindari sistem penipuan . Karena faktor inilah , banyak penjual yang menjajakan produknya di bukalapak dengan berharap mendulang kesuksesan dari sana .

Tips Jualan di Bukalapak 

Kemudahan yang ditawarkan bukalapak antara lain kita memiliki toko online sendiri yang buka 24 jam x 7 hari tanpa harus memikirkan biaya hosting , biaya seo dan lain-lain . Selain itu , kita tidak direpotkan dari pembeli yang merepotkan karena ragu-ragu akan bertransaksi dengan Anda . Jika anda berniat untuk berjualan di bukalapak, dan berharap setiap hari selalu ada minimal 5 penjualan maka anda harus mengikuti tips-tips berikut ini agar penjualan anda di bukalapak berjalan lancar . Berikut tipsnya :
  • Gunakan Foto yang berbeda
Seringkali kita mencari produk tertentu di bukalapak , namun foto produk tersebut sama semua antara satu sama lain sehingga kita dibingungkan karena meskipun foto produknya sama tapi harganya beda-beda . Nah , jika anda ingin berjualan di bukalapak atau situs sejenisnya , ada baiknya untuk menggunakan foto produk yang diambil sendiri . Ini untuk memberikan ciri pada produk Anda , sehingga manakala harga yang anda tawarkan jauh lebih mahal tetap akan menarik calon pembeli .

  •  Buka toko lebih awal
Anda jangan berharap akan ada penjualan meskipun harga barang Anda merupakan yang termurah jika toko anda tidak buka . Status keaktifan toko dinyatakan 1 minggu yang lalu atau 2 hari yang lalu akan membuat calon konsumen enggan berbelanja di toko Anda . Beda halnya jika status keaktifan toko anda adalah hari ini maka konsumen akan melirik meskipun harga yang anda tawarkan cenderung mahal .
  • Balas Pesan dan Diskusi produk secepatnya
Anda dituntut untuk cepat dalam merespon pertanyaan yang diajukan konsumen seperti fitur pesan atau diskusi produk . Kebanyakan penjual bukalapak terkesan acuh , meski dikirim pesan atau diskusi produk tidak dibalas . Meskipun harga barang-barangnya murah kalau penjualnya cuek siapa yang mau belanja disitu ?
  • Jauhi kata kata " No retur, No Cancel, No Complain "
Kesannya penjual itu tidak mau bertanggung jawab apabila barang sudah sampai di tangan konsumen , tentu konsumen tidak akan komplain jika tidak ada masalah barang yang ia beli . Anehnya, rata-rata penjual di bukalapak menggunakan kata-kata diatas untuk menyangkal keluhan konsumen sehingga konsumenlah yang dirugikan . Kalau anda berjualan ya harus menerima keluhan atau masukan dari pembeli agar bisnis anda terus maju .

  • Aktifkan notifikasi email
Kamu tidak bisa menyalakan pc seharian ? nyalakan saja fitur notifikasi email pada ponsel pintar anda supaya anda mendapatkan pemberitahuan dari bukalapak entah penjualan , ada pesan baru , ada diskusi produk terbaru sehingga anda bisa cepat membalas . Sekarang bukalapak sudah menyediakan aplikasi sehingga tidak ada alasan bagi anda untuk telat membalas pesan atau diskusi produk .
  • Jangan sesekali perang harga
Apabila anda melihat suatu produk misalnya X dan harga paling murahnya di bukalapak sebesar 40.000 rupiah maka jangan sekali-kali anda menurunkan harga produk tersebut ke level terendah misalnya 38.000 atau nyaris 30.000 rupiah . Memang , anda berpikiran bahwa dengan mendirikan harga murah akan terjadi penjualan dalam jumlah banyak namun itu hanya sesaat . Berjualan bukanlah sekali atau dua kali , namun terus menerus dan cara mendatangkan pembeli melalui banting-bantingan harga merupakan cara salah .

Oke sekian Tips berjualan di Bukalapak

Mau voucher gratis bukalapak ? klik disini

About the Author

galihfarid

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 comments:

Post a Comment

 

Tekno Ilmu © 2015 - Blogger Templates Designed by Templateism.com, Plugins By MyBloggerLab.com