Monday, November 14, 2016

Kekayaan alam Kabupaten Tasikmalaya

Sampurasun Sadayana


Kekayaan alam Kabupaten Tasikmalaya sangatlah melimpah. Terletak di sebelah tenggara Daerah Priangan, Kabupaten Tasikmalaya memiliki luas wilayah sekitar 2.563,35 km2. Sejak terpisah dari Kota Tasikmalaya yang berkembang menjadi kota otonom pada tanggal 21 Juni 2001 silam, Kabupaten ini sedikitnya membawahi 39 kecamatan dan selanjutnya terbagi lagi menjadi 351 desa dan kelurahan.
Sebagai salah satu kabupaten yang cukup besar di Jawa Barat, Tasikmalaya merupakan daerah perbukitan hijau yang memiliki tanah relatif subur, serta ketersediaan sumber daya air yang sangat melimpah.
Untuk potensi wisata di Kabupaten Tasikmalaya sangatlah besar. Mulai dari wisata alam gunung, air terjun, agro wisata, dan perkampungan adat.

Untuk potensi wisata alam di wilayah selatan Kabupaten Tasikmalaya sangat beragam. Tapi sekarang yang sedang diperbincangan oleh banyak orang adalah wisata alam air terjun atau bisa disebut juga Curug.
Wisata alam air terjun/curug sangatlah banyak, karena rata-rata di daerah selatan masih banyak bukit bukit yang dilalui oleh sungai sungai.
Oke kita mulai dengan air terjun/curug yang pertama yaitu
1. Curug Koja
curug koja
Curug Koja terletak di desa linggalaksana Kecamatan Cikatomas. Curug ini berdiri kokoh diatas bukit yang batuan khas yaitu batuan kapur.curug yang satu ini adalah primado bagi para pelancong dari luar daerah. Curug ini juga sangat cocok untuk penikmat turun.

2. Curug Bakom

curug bakom
Curug bakom terletak di bawah curug koja sekitar 150 m dari curug koja,orang juga mengenalnya curug kaka adik. curug bakom tak kalah kerennya sama curug koja,curug bakom juga sering di jadikan tempat shot photo-photo grafer.
Sama halnya curug Koja, curug Bakom sendiri terletak di daerah sama yaitu di Desa Linggalaksana Kecamatan Cikatomas
Asal mula di namakannya curug bakom karena pundak curugnya persis kaya pundak katak. Curug ini mempunyai keindahan sama dengan curug koja. Curug ini juga pantas untuk  ber Selfie atau sekedar melepas bosan. Curug ini ada di tingkat kedua atau ada dibawah setelah curug Koja.

3. Curug Ciwatin
Nah ini yang terakhir, adalah Curug Ciwatin. Curug ini berada di Desa Linggalaksana Kecamatan Cikatomas. Curug ini berada di paling bawah setelah curug Koja dan Bakom. Curug ini disebut Curug Ciwatin karena aliran sungai tersebut atau nama sungai tersebut sungai ciwatin.
Curug ini juga cocok untuk para pencinta adrenalin, karena di curug ini juga dijadikan spot untuk Jumping dari ketingggian. Sungai ini juga langsung bermuara ke sungal Ciwulan. Sungai cocok untuk dipakai berenang karena kedalaman air nya cukup dangkal. Dan tinggi nya juga 10 m.

Nah cukup sekian destinasi wisata curug di Kecamatan Cikatomas
Let's Do Something For You Land Birth




About the Author

galihfarid

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 comments:

Post a Comment

 

Tekno Ilmu © 2015 - Blogger Templates Designed by Templateism.com, Plugins By MyBloggerLab.com